Saturday, February 27, 2010

Umat Hindu Rayakan Hari Raya Saraswati

Hari besar atau Hari Raya Saraswati dirayakan hari ini - Umat Hindu di Bali tengah menjalankan persembahyangan hari raya Saraswati, yaitu hari turunnya ilmu pengetahuan, dengan memanjatkan doa agar diberi keselamatan dan pengetahuan ke arah yang lebih baik.

Bertepatan dengan hari raya Saraswati, semua perkantoran pemerintah ditutup termasuk sekolah-sekolah karena semua umat Hindu melaksanakan persembahyangan di pura masing-masing. Di sepanjang jalan, banyak umat berpakaian adat yang didominasi warna putih dan kuning untuk pergi bersembahayang.

Seperti persembahayangan yang digelar di halaman Dinas Pendidikan Provinsi Bali, tampak puluhan pegawai di lingkungan Diknas khusyuk melaksanakan persembahyangan.

"Kami semua bersembahyang pada hari Sarawasti ini selain mohon keselamatan kami juga meyakini sekarang adalah hari turunnya ilmu pengetahuan sehingga diharapkan pengetahuan bisa menuntun umat," kata Kadis Pendidikan Provinsi Bali I Wayan Suasta di Denpasar, Sabtu (27/02/2010).

Dikatakan Suasta, karena pengetahuan telah menorehkan peran besar bagi dunia untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dijelaskan Suasta Saraswati yang jatuh setiap 210 hari atau enam bulan sekali selalu dirayakan dan pada persembahyangan kali ini dikaitkan dengan pelaksanaan ujian akhir nasional yang akan digelar 22 maret mendatang.

"Kami berdoa semoga yang maha Esa memberikan restu agar para siswa yang melaksanakan ujian mendatang diberikan kesuksesan," kata Suasta.

Setelah pagi mereka bersembahyangan bersama-sama di kantor masing-masing dilanjutkan upacara metirta yadhya dan pada malam hari ini umat Hindu kembali bersembahayang ke Pura terbesar di Denpasar yakni Pura Jagadnatha.

Source: okezone.com

No comments:

Post a Comment