Thursday, February 25, 2010

Wow, Pengguna Ponsel Dunia 5 Miliar Orang

2010, Pengguna Ponsel Dunia Capai 5 Miliar - Internasional Telecommunication Union (ITU) memperkirakan pada tahun 2010 jumlah pengguna ponsel menembus angka lima miliar orang. Hingga akhir tahun 2009, jumlah subscriber seluruh operator dunia mencapai 4,6 miliar pelanggan dengan tingkat penetrasi 67 persen.

Namun, tingiinya pertumbuhan jumlah internet masih menyisakan persoalan tersendiri. ITU melihat kualitas layanan khususnya layanan data antara negara maju dan berkembang sangat timpang.

Penetrasi ponsel di negara berkembang meningkat sejak tahun 2005. Ketika itu penetrasi ponsel di negara berkembang hanya 23 persen sedangkan saat ini mencapai 57 persen. Sedangkan di negara-negara maju penetrasi ponsel mencapai hampir 100 persen.

Perwakilan ITU, Vanessa Gray mengungkapkan krisis ekonomi yang terjadi tak sepenuhnya melemahkan operator untuk berinvestasi. Pendapatan operator lebih banyak didrive dari yang tadinya voice sekarang disokong oleh layanan data.

"Operator akan mencoba terus meningkatkan investasinya terutama di layanan data," kata Vannesa seperti dilansir Redorbit, Kamis (25/2/2010).

ITU juga mengungkapkan bahwa 26 persen dari populasi dunia akan menggunakan internet. Namun di negara berkembang hanya satu dari lima orang yang menggunakan internet, sedangkan pengguna terbanyak tetap di negara-negara maju.

Pertumbuhan jumlah pengguna internet tertinggi diantaranya, India dan China .Sedangkan untuk layanan internet tercepat dan berkualitas dimiliki oleh negara-negara seperti Swedia, Luxembourg, Denmark, Belanda, Islandia, Swiss, Norwegia dan Inggris untuk benua Eropa, sedangkan Asia hanya Korea Selatan, dan Jepang yang dinilai memiliki layanan internet cepat dan berkualitas.

Source: okezone.com

No comments:

Post a Comment